fbpx

Appsku Aplikasi Indonesia

Mengenal Lebih Jauh Tentang Point of Sales: Pengertian, Fungsi, dan Ketahui Cara Kerjanya

Pengertian Point of Sales. Sumber: freepik.com

Table of Contents

Dalam era bisnis modern yang terus berkembang, penggunaan teknologi semakin menjadi kebutuhan utama. Salah satu teknologi yang banyak membantu dalam menjalankan bisnis adalah Point of Sales (POS).

Apa itu Point of Sales? Point of Sales adalah suatu sistem yang digunakan dalam proses penjualan, pengelolaan persediaan, dan pencatatan transaksi bisnis. Agar dapat menikmati kegunaan dan kenyamanan dalam menggunakan POS, kamu perlu memahami fungsi dan cara kerja Point of Sales terlebih dahulu.

Artikel ini akan mengupas lebih jauh tentang pengertian, fungsi, dan cara kerja dari Point of Sales (POS). Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 6 Keuntungan Menggunakan POS Canggih bagi Usaha Kecil dan Menengah


Pengertian Point of Sales (POS)

Point of Sales adalah suatu sistem yang digunakan untuk pengelolaan transaksi penjualan dan pembelian secara otomatis dan efisien. Sistem Point of Sales digunakan untuk mempermudah proses penjualan dan pembelian dengan tujuan meningkatkan efisiensi bisnis dan pengalaman pelanggan.

Pada dasarnya, Point of Sales adalah layanan yang dapat membantu pebisnis dalam proses transaksi secara mudah. Selain memudahkan pebisnis, pembeli juga dimudahkan dalam hal bertransaksi agar lebih lancar. POS memungkinkan pebisnis dapat melacak transaksi antara penjual dan pembeli.

Awalnya, mesin kasir konvensional seperti cash register dan cash drawer banyak digunakan oleh penjual untuk mencatat transaksi, mencetak struk, dan menyimpan uang. Namun, seiring perkembangan zaman, POS hadir dengan fitur yang lebih lengkap dan kompleks sehingga pengelolaan transaksi penjualan hanyalah sebagai salah satu fitur dari POS.

POS juga dikenal sebagai mesin kasir online, tetapi tidak bisa disamakan dengan kasir konvensional. POS telah dilengkapi dengan sistem inovatif yang mengombinasikan perangkat keras dan perangkat lunak untuk melakukan fungsi-fungsi lain selain merekam penjualan.

POS bukan hanya sekadar mesin kasir, karena didukung oleh platform Android atau iOS dengan fitur analisis dan laporan yang canggih untuk membantu pemilik usaha dalam pengambilan keputusan bisnis.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika POS hadir dengan teknologi canggih yang sesuai dengan zaman. POS merupakan salah satu solusi pembayaran yang mengikuti perkembangan masa kini.

Dengan sistem POS, perhitungan barang yang dibeli tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi menggunakan sistem yang lebih cepat dan efisien. Perusahaan dan bisnis besar membutuhkan kontrol yang akurat dan cepat terhadap penjualan dan stok, yang hanya dapat dicapai melalui sistem, bukan metode manual.

Saat ini, penggunaan POS telah meluas ke berbagai jenis usaha, termasuk restoran, laundry, dan kedai kopi. Tidak seperti POS offline yang hanya menggunakan mesin kasir, POS modern berbasis digital telah mengatur sepenuhnya.


Fungsi Sistem Point of Sales

Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian di atas, Point of Sale adalah sistem yang dapat memudahkan pebisnis dalam menjalankan usaha serta menghemat waktu dan tenaga dalam proses penjualan dan pembelian. Selain itu, keuntungan menggunakan POS adalah mengurangi kesalahan transaksi dan pengelolaan inventaris yang sudah terhitung secara otomatis.

Terdapat beberapa fungsi yang dapat membantu kamu mempertimbangkan penggunaan POS dalam menjalankan berbagai usaha. Berikut beberapa fungsi POS yang perlu diketahui!

  1. Mengelola stok persediaan dengan efisien;
  2. Mencatat dan melacak penjualan secara akurat;
  3. Mengefisiensikan proses pembayaran dan transaksi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan;
  4. Menghasilkan laporan keuangan yang akurat;
  5. Memungkinkan analisis tren penjualan;
  6. Mengurangi risiko kekurangan atau kelebihan persediaan produk;
  7. Menyediakan data realtime untuk pengambilan keputusan bisnis.

Cara Kerja POS

Sistem POS telah sepenuhnya berbasis digital, yang menjadi unsur yang membedakan dari mesin kasir konvensional. Jika kamu masih bingung dengan cara kerjanya, berikut adalah cara kerja point of sales yang perlu kamu ketahui!

  • Konsumen Melakukan Transaksi

Saat  konsumen menuju meja kasir untuk menyelesaikan transaksi pada produk yang akan mereka beli, staf kasir memasukkan produk yang dibeli konsumen ke dalam sistem POS. Selanjutnya, transaksi tersebut akan dihitung dan didokumentasikan oleh sistem.

  • Jumlah Belanja Terhitung secara Otomatis

Mesin POS secara otomatis menghitung jumlah belanjaan, termasuk biaya layanan dan pajak. Fitur ini meminimalkan kesalahan dalam menjumlahkan total pembayaran karena kasir tidak perlu menjumlahkan barang satu per satu secara manual.

  • Pengurangan Stok Inventori

Sistem POS dapat mencatat penjualan dan secara otomatis mengurangi stok produk atau bahan baku dari inventori ketika transaksi terjadi. Notifikasi akan diberikan jika stok terlalu sedikit atau saatnya untuk melakukan penyetokan ulang.

  • Program Loyalitas atau Diskon

Jika memiliki program loyalitas atau diskon yang sedang berlangsung dalam suatu event, staf harus memilih program yang relevan sebelum konsumen menyelesaikan transaksi.

  • Sistem Pembayaran

Konsumen melakukan pembayaran menggunakan berbagai pilihan pembayaran, seperti kartu debit, berbagai dompet digital atau QRIS. Sistem POS umumnya terintegrasi dengan berbagai sistem pembayaran yang memudahkan proses transaksi pada pelanggan.

  • Transaksi Selesai

Staf akan memberikan struk pembayaran yang telah berhasil dilakukan konsumen. Struk pembayaran tidak selalu berbentuk cetak, sistem POS memungkinkan pengiriman digital receipt melalui email atau whatsApp.

  • Pengolahan Data Transaksi

Dengan sistem POS, data transaksi yang telah dilakukan dapat diolah menjadi laporan dan analisis bisnis yang dapat berguna sebagai dasar pengambilan keputusan.

Baca juga: 7 Keunggulan Aplikasi Kasir AKU MPOS sebagai Solusi Bisnis Terbaik


Itu dia penjelasan seputar POSyang perlu kamu pelajari. Jika kamu ingin meningkatkan produktivitas bisnis dengan cara yang efisien, sistem POS canggih adalah solusi yang tepat. Dengan AKU MPOS, kamu dapat mengoptimalkan kinerja bisnismu dan meraih kesuksesan.

AKU MPOS hadir sebagai solusi digital yang menghemat waktu, tenaga, dan biaya operasional. Kamu tak perlu lagi repot dengan proses transaksi yang rumit, kesulitan mengelola stok penjualan, atau pembuatan laporan keuangan yang membingungkan.

AKU MPOS bisa menjadi pilihan yang tepat dengan menawarkan fitur-fitur canggih. AKU MPOS menjadi solusi terdepan untuk meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan kinerja bisnis.

Klik di sini untuk melakukan uji coba gratis AKU MPOS dan mulai perjalanan sukses sekarang juga! Butuh informasi lebih lanjut? Hubungi kami melalui Whatsapp 08111-090- 070 atau atau klik di sini untuk mendapatkan penawaran spesial dan menarik lainnya!