Bisnis barbershop yang semakin menjamur, mulai dari pangkas rambut sederhana di komplek hingga barbershop modern dengan konsep premium. Persaingan yang ketat membuat pemilik usaha barbershop tidak cukup hanya mengandalkan keterampilan mencukur, tapi juga harus pandai mengatur strategi pemasaran. Di sinilah pentingnya menerapkan tips promosi bisnis barbershop yang tepat, agar pelanggan baru terus berdatangan dan pelanggan lama tetap setia.
Apalagi sekarang tersedia banyak dukungan teknologi seperti aplikasi kasir barbershop yang lengkap dengan sistem manajemen operasional barbershop. Tips promosi bisnis barbershop bisa dengan menggabungkan strategi online dari media sosial maupun secara offline melalui promo atau kolaborasi supaya brand Anda lebih mudah ditemukan.
Dengan strategi promosi yang kreatif, ditambah manajemen yang rapi, barbershop bisa berkembang pesat meski tren dan kebutuhan pelanggan terus berubah. Simak penjelasan tips promosi bisnis barbershop di bawah ini!
Baca juga: 6 Rekomendasi Tempat Main Billiard di Bogor yang Wajib Dikunjungi!
9 Tips Promosi Bisnis Barbershop
Dengan strategi promosi yang kreatif, ditambah manajemen yang rapi, barbershop bisa berkembang pesat meski tren dan kebutuhan pelanggan terus berubah. Simak penjelasan tips promosi bisnis barbershop di bawah ini!
1. Manfaatkan Media Sosial untuk Branding
Buat konten transformasi potongan, before-after, dan quick tips perawatan rambut yang singkat sehingga mudah untuk ditonton ulang dan dibagikan.
Selain itu, konsisten posting dan penggunaan hashtag lokal meningkatkan peluang orang menemukan layanan barbershop. Sertakan tautan ke booking atau menu harga agar calon pelanggan langsung tahu cara reservasi lewat aplikasi barbershop secara online ataupun melalui WhatsApp.
2. Tawarkan Paket Hemat Membership
Buat paket potong plus creambath atau membership berulang dengan diskon khusus supaya pelanggan sering balik dan merasa dapat value lebih saat bergabung sebagai member.
Sistem membership saat ini bisa dikelola otomatis lewat aplikasi kasir barbershop. Promo spesial ini membantu menghitung ROI promosi dan menstabilkan arus kas awal saat modal membuka barbershop masih terbatas.
3. Kolaborasi dengan Usaha Lokal Sekitar
Ajak bisnis lain untuk berkolaborasi seperti kafe, gym, atau toko fashion pria untuk tukar promosi atau paket bundling agar audiens baru mengenal barbershop Anda tanpa biaya iklan besar.
Kerja sama dengan bisnis lokal sering menghasilkan rekomendasi organik. Pertukaran voucher dan pamflet di feed media sosial juga akan membantu usaha barbershop baru.
4. Sediakan Reservasi Online
Pakai fitur booking melalui aplikasi barbershop atau integrasi sistem POS yang menyediakan booking online supaya pelanggan bisa pilih jadwal dan tukang cukur. Reservasi online ini dapat mengurangi antrean dan meningkatkan kepuasan pelanggan agar tidak memakan waktu lama.
Reservasi online juga memudahkan pengaturan shift barber sehingga operasional lebih efisien dan data pelanggan tersimpan untuk promo berikutnya.
Baca juga: Tertarik Buka Barbershop? Ini 7 Cara Membuka Usaha Barbershop yang Menguntungkan
5. Tampilkan Harga dan Layanan yang Jelas
Cantumkan daftar harga per layanan di media sosial dan di lokasi supaya tidak ada kebingungan saat transaksi. Transparansi harga membantu membangun kepercayaan pelanggan baru.
Informasi harga juga mempermudah calon mitra untuk mengerti struktur biaya Anda ketika berdiskusi soal kolaborasi atau event.
6. Gelar Event Mini dan Edukasi Perawatan Rambut
Adakan workshop dan demo potong, atau bincang singkat soal produk dan styling rambut. Dengan mengadakan event, dapat meningkatkan keterikatan komunitas lokal.
Kegiatan ini bisa dipromosikan lewat feed dan story sekaligus jadi konten marketing yang mengundang calon pelanggan mencoba layanan Anda.
7. Gunakan Sistem Kasir dan Inventory Terintegrasi
Berlangganan aplikasi kasir barbershop atau sistem POS untuk mencatat transaksi, stok produk, dan laporan penjualan otomatis adalah pilihan tepat agar waktu pengelolaan berkurang dan fokus ke promosi dan pelayanan bisa meningkat.
Sudah banyak aplikasi kasir barbershop gratis trial yang cocok untuk barbershop dengan modal berlangganan yang terjangkau agar bisnis lebih profesional.
8. Hitung Biaya Promosi dan Atur Anggaran Marketing
Buat alokasi sederhana seperti anggaran untuk konten organik, iklan berbayar, dan program ataupun referral. Ini penting untuk menghitung biaya membuka barbershop dan modal awal usaha barbershop.
Selain itu, lakukan juga monitor metrik yang sederhana sederhana seperti pelanggan baru per minggu agar Anda tahu strategi mana yang menghasilkan lebih banyak ROI.
9. Optimalkan Review Pelanggan
Pastikan listing Google My Business terisi lengkap dengan jam buka, foto, dan daftar harga agar calon pelanggan di area menemukan bisnis barbershop Anda lebih mudah.
Minta review setelah layanan dilakukan untuk menaikkan trust. Review positif dan foto hasil potongan yang konsisten membantu algoritma tempat terdejat untuk merekomendasikan bisnis pangkas rambut Anda saat orang mencari “barbershop terdekat”.
Manajemen Usaha Barbershop Lebih Praktis dengan Sistem Kasir AKU MPOS
Selain tips promosi bisnis barbershop, Anda memerlukan kemudahan untuk pengelolaan operasional dengan sistem kasir yang efisien dan lengkap. AKU MPOS hadir sebagai solusi terbaik untuk mengelola usaha barbershop secara profesional dan modern.
Dengan harga langganan mulai dari Rp 75 ribu/bulan, AKU MPOS membantu Anda dalam:
- Kelola banyak cabang dalam satu sistem
- Mencatat transaksi secara otomatis dan real-time
- Mengatur komisi atau fee pegawai sesuai skill
- Memantau stok perlengkapan dan produk
- Membuat laporan penjualan & keuangan lengkap
- Mengatur promo dan diskon dengan mudah
- Absensi pegawai langsung dari aplikasi
Semua fitur tersebut terintegrasi dalam satu aplikasi, membantu Anda menghemat waktu, meningkatkan produktivitas, dan fokus memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.
Tersedia beragam pilihan paket berlangganan dan alat kasir yang cocok digunakan untuk mengelola bisnis barbershop. KLIK DI SINI untuk informasi lebih lanjut!
Pantau dan ikuti terus sosial media kami di Facebook, Instagram, Youtube, dan TikTok. Cek juga penawaran spesial AKU MPOS di platform Shopee dan Tokopedia!
Info lebih lanjut mengenai sistem AKU MPOS yang dapat disesuaikan dengan jenis bisnis kamu, hubungi customer service kami DI SINI untuk memulai diskusi!